Tips Sederhana Menjaga Stamina Saat Berpuasa Ketika Pademi Corona

Tips Sederhana Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Tips Sederhana Menjaga Stamina Saat Berpuasa Ketika Pademi Corona

Tips Sederhana Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Tips Sederhana Menjaga Stamina Saat Berpuasa Ketika Pademi Corona
Puasa Ramadhan telah tiba, saatnya untuk mulai menahan diri dari lapar, haus, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, pada masa puasa di tengah pandemi COVID-19 ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama.

Jika kekebalan tubuh kita kuat, kita tidak akan mudah untuk jatuh sakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat kita lakukan.

Salah satu caranya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

BACA JUGA : Pademik Corona, Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2020 Digelar Secara Online

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama. Tujuannya adalah untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Saat sistem kekebalan tubuh kita lemah, maka kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita dan menimbulkan infeksi.

Salah satu penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika daya tahan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau virus Corona.

Dalam upaya menjaga daya tahan tubuh, banyak yang menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung nutrisi serta vitamin lengkap.

BACA JUGA : DOKTER TIRTA BARSTATUS PDP DAN MENJALANI PERAWATAN INTENSIF

Namun selama berpuasa anjuran tersebut tentu akan berkurang, karena pada saat berpuasa hanya boleh makan ketika sahur dan berbuka saja.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir sebab masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh selain mengonsumsi makanan, seperti berikut ini:

  1. Tidur
    Cara terbaik untuk memulihkan stamina agar daya tahan tubuh tetap terjaga adalah dengan tidur yang cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi virus setidaknya membutuhkan waktu 7-8 jam.
  2. Yoga
    Lakukan yoga atau aktivitas olah tubuh setidaknya 5 menit sehari. Caranya adalah dengan diam dan berfokus pada pernapasan kamu. Yoga atau olah tubuh dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta mengurangi rasa cemas atau khawatir. Jadi, tidak heran bila yoga dapat membantu kamu untuk lebih mudah tertidur.
  3. Olahraga Ringan
    Olahraga juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat melawan infeksi dan virus. Lakukan olahraga atau latihan rutin setiap harinya setidaknya 10-30 menit sehari dengan melakukan latihan campuran kardio dan kekuatan.

Tidur dan meditasi dapat dilakukan pada siang hari selama berpuasa, sedangkan latihan atau olahraga ringan dapat dilaksanakan pada saat pagi atau sore harinya.

Selain beberapa cara di atas, sistem kekebalan tubuh juga dapat diperkuat dengan melengkapi imunisasi dan mengonsumsi suplemen tertentu untuk menjaga kondisi dan kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles