Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang

Wajib Tau 5 Makanan Ini Dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang

Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang

Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang

Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang
Makanan penyebab pengapuran tulang perlu dibatasi atau bahkan perlu untuk dihindari. Pengapuran adalah masalah sendi yang banyak kita jumpai khususnya pada lanjut usia. Pengapuran paling umum disebabkan Osteoporosis.

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana bantalan tulang rawan di antara sendi rusak dan terkikis. Osteoporosis bisa menyebabkan nyeri dan bengkak pada sendi. Kondisi ini bisa memengaruhi sendi mana pun di tubuh, tetapi banyak ditemukan di lutut, tangan, pinggul, atau tulang belakang.

BACA JUGA : 5 Resep Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan yang Mudah

Ada beberapa makanan penyebab pengapuran tulang. Bagi kalian yang memiliki risiko atau bahkan sudah memiliki pengapuran tulang, penting mengetahui apa saja makanan penyebab pengapuran tulang.

Makanan penyebab pengapuran tulang dapat memicu peradangan dan memperburuk pengapuran. Dengan mnghindari makanan penyebab pengapuran tulang dapat membantu mencegah timbulnya osteoartritis.

Berikut makanan penyebab pengapuran tulang :

BACA JUGA : Manfaat Minum Bir Yang Tidak Di Ketahui Banyak Orang

  • Garam
    Tubuh membutuhkan garam, tapi terlalu banyak mengonsumsi garam akan menimbulkan sejumlah masalah. Terlalu banyak garam dalam tubuh bisa memicu peradangan, termasuk peradangan sendi.
    Ketika kadar natrium meningkat, tubuh akan mengalami retensi cairan. Ini dapat menyebabkan pembengkakan sendi. Pembengkakan sendi bisa memperburuk osteoartritis.
    Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang
    Asupan natrium berlebih telah dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti osteoporosis, penyakit ginjal, dan hipertensi. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan pengapuran tulang dan perlu dibatasi konsumsinya yaitu garam.
    Untuk mengurangi natrium, cobalah menukar garam dengan rempah-rempah yang lebih sehat. Hindari juga makanan cepat saji yang cenderung mengandung banyak natrium.

BACA JUGA : Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

  • Gula
    Gula, khususnya gula olahan bisa memicu peradangan.Gula yang diproses dapat memicu pelepasan sitokin, yang bertindak sebagai pembawa pesan inflamasi dalam tubuh. Minuman manis, termasuk soda, teh manis, kopi berperasa, dan beberapa minuman jus merupakan jenis gula olahan.

Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran TulangKarbohidrat yang kaya akan gula, contohnya kue olahan, permen, dan beberapa jenis roti juga dapat mengubah respons kekebalan tubuh terhadap penyakit. Reaksi ini dapat memperburuk peradangan dan membuat persendian terasa lebih lemah.
Batasi asupan gula dan hindari makanan manis berlebihan. Mengganti gula dengan madu atau pemanis alami lannya juga bisa menjadi pilihan sehat.

  • Gorengan
    Gorengan sangat tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko peradangan. Lemak jenuh ini dapat memperparah osteoartritis.
    Perhatikan 5 Makanan yang dapat Menyebabkan Pengapuran Tulang
    Sementara obesitas dapat menyebabkan kaki dan lutut harus menopang beban yang lebih banyak. Obesitas juga akan meningkatkan risiko osteoarthritis dengan mempercepat kerusakan tulang rawan sendi.
    Konsumsi gorengan menjadi risiko terbesar untuk penyakit jantung.
  • Tepung putih
    Tepung putih merupakan salah satu hasil produk gandum yang telah melalui banyak proses. Jenis tepung ini hampir memiliki sedikit vitamin dan mineral.

    Produk gandum olahan atau tepung putih dapat berupa roti putih dapat merangsang respons peradangan tubuh.
    Mengonsumsi karbohidrat olahan seperti tepung putih dapat memicu peredangan pada sendi. Untuk menghindari ini, pilihlah biji-bijian utuh jika memungkinkan. Hindari juga produk roti yang banyak melalui pemrosesan.

    BACA JUGA : Menghancurkan Kanker Ganas Dengan Mengkonsumsi Buah Sirsak

  • Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan osteoporosis. Selain itu, dapat memicu peradangan pada sendi. Mengkonsumsi alkohol, terutama bir, dapat menyebabkan flare-up karena kadar purin yang tinggi dalam produk alkohol komersial.
    Juga, sebagian besar obat radang sendi akan berinteraksi dengan alkohol, yang memengaruhi efektivitas obat dan bisa berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles