Pengawalnya Diduga Terdeteksi Virus Corona, Kim Jong Un Bersembunyi

Pengawalnya Diduga Terdeteksi Virus Corona, Kim Jong Un Bersembunyi

Pengawalnya Diduga Terdeteksi Virus Corona, Kim Jong Un Bersembunyi

Pengawalnya Diduga Terdeteksi Virus Corona, Kim Jong Un Bersembunyi

Pengawalnya Diduga Terdeteksi Virus Corona, Kim Jong Un Bersembunyi
Dalam beberapa waktu terakhir, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diisukan meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis.

Namun Korea Selatan membantah hal tersebut, mengatakan bahwa Kim masih “hidup dan sehat”.

“Posisi pemerintah kita tegas,” ujar Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, Senin (27/4/2020).

“Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Kim Jong Un saat ini telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi.”

BACA JUGA : Curhatan Dokter Michael Tunda Nikah Hingga Meninggal Karena Corona

Kim Jong Un menjadi buah bibir karena tidak menghadiri acara perayaan ulang tahun sang ayah Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung pada 15 April lalu. Seperti diketahui, jika pada hari tersebut menjadi hari libur nasional di Korea Utara.

Nyatanya ketidakhadiran Kim dalam acara tersebut memiliki alasan tersendiri dan tidak seperti yang banyak dirumorkan.

Menurut sebuah laporan, jika saat itu Kim sedang menjalani perawatan medis setelah melakukan prosedur kardiovaskular (jantung).

BACA JUGA : Penyanyi Jebolan X Factor Indonesia, Fera Queen Meninggal Dunia

Sebuah Intelijen Amerika Serikat sedang memantau Kim, dan mengatakan ia “dalam bahaya besar setelah operasi.” menurut seorang pejabat AS. Pejabat AS lainnya mengatakan bahwa kondisi kesehatan Kim sulit untuk dikonfirmasi.

The Daily NK, situs web berbasis Seoul yang biasa mengumpulkan informasi dari informan di dalam Korea Utara, yang secara terpisah melaporkan bahwa Kim menjalani “prosedur bedah kardiovaskular” dan sekarang mulai pulih.

Mereka juga menuliskan jika kesehatan Kim memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Ini disebabkan karena kegiatan merokoknya yang cukup kuat, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.

Menambahkan jika Kim kini berada di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan di pantai timur negeri itu.

BACA JUGA : Simak Cara dan Syarat Mendapatkan BLT Desa Rp 600 Ribu per Bulan

Namun media itu juga mengatakan masih sulit untuk memverifikasi laporan yang didapat dari seseorang di Korea Utara. Berita mengenai kesehatan pemimpin Korut adalah salah satu rahasia negara yang paling dijaga ketat.

Hal ini biasanya hanya diketahui oleh sebagian orang di lingkaran dalam kepemimpinan saja.

Korea Utara memang dikenal menjaga ketat mengenai informasi apapun soal pemimpinnya. Ketidakhadirannya dari media resmi pemerintah sering memicu spekulasi dan rumor tentang kesehatannya.

Pada Sabtu (25/4/2020), sebuah situs web berisi informasi tentang Korea Utara, menerbitkan gambar satelit yang menurut para peneliti menunjukkan sebuah kereta “yang mungkin milik Kim Jong Un”.

BACA JUGA : Kumpulan Lagu TikTok Paling Populer 2020, Bikin Auto Joget

Kereta tersebut diparkir di stasiun kereta api di kompleks mewah Wonsan milik Kim. Stasiun tersebut terletak di pantai Timur negara itu sejak 21 April lalu.

Lalu kereta berangkat keluar dari daerah tersebut pada tanggal 23 April.

Kehadiran kereta tersebut memang tidak membuktikan Kim sedang berada di kompleks Wonsan. Tetapi “memberikan bobot” pada laporan bahwa ia tinggal di daerah tersebut, menurut artikel yang diterbitkan oleh 38 North.

38 North adalah analisis mengenai urusan Korea Utara dan merupakan proyek dari Henry L. Stimson Center, sebuah think tank berbasis di Washington, DC.

Kompleks Wonsan adalah fasilitas rekreasi dengan sembilan wisma besar, pusat rekreasi, sebuah bangunan besar yang dibangun setelah Kim berkuasa.

Selain itu pelabuhan yang dilindungi, lapangan tembak, gedung rekreasi, dermaga tertutup, dan landasan pacu kecil yang dikonversi pada tahun 2019. Tujuan dari landasan pacu menunggang kuda itu senidiri adalah untuk menyalurkan hobi Kim.

Daerah tepi pantai tersebut juga menjadi tempat Kim menghabiskan musim panas saat masa kanak-kanak. Hingga kini, ia sering bepergian dengan pesawat atau berkendara ke Wonsan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles