Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat

Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat

Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat

Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat

Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat
Apa itu Dalgona Coffee? Dalgona Coffee merupakan minuman yang sedang viral akhir-akhir ini. Nama Dalgona Coffee berasal dari permen toffee yang berasal dari Korea Selatan. Dalgona Coffee mampu mencuri perhatian masyarakat dan dunia media sosial terutama TikTok dan Instagram.

Bahan-bahan untuk membuat Dalgona Coffee cukup terbilang mudah dan mudah di cari. Hanya dengan menggunakan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah yang setara.

Cara pembuatannya membutuhkan tenaga lebih untuk dapat membuatnya terlebih jika kamu tidak memiliki mixer.

BACA JUGA : Resep Membuat Donat Anti Gagal

Dalam akun TikTok @melliemelanie menawarkan metode alternatif yang membuat proses membuat dalgona coffee menjadi lebih mudah. Selain itu, proses pembuatannya hanya menggunakan sedikit alat saja.

Langkah pertama, campurkan semua bahan di dalam gelas tempat kamu akan meminum kopi tersebut. Kamu tidak perlu mengocok kopi di dalam mangkuk. Lalu, masukkan whisk dan gosokkan di antara telapan tanganmu hingga larutan kopi tersebut tercampur rata.

Setelah itu, aduk kopi dengan cara seperti tadi hingga larutannya mengental. Setelah mengental, tuangkan susu ke dalam gelas tersebut dan masukkan es batu ke dalamnya.

Walaupun metode ini tidak memberikan bentuk yang sama dengan dalgona coffee yang sering wara wiri di sosial media. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba di rumah.

BACA JUGA : Kuliner Singkawang Saat Merayakan Cap Go Meh

Dalam membuat Dalgona Coffee ada 3 cara untuk membuatnya.

  1. Menggunakan mixer
    Jika kamu memiliki mixer, kamu bisa membuat dalgona coffee menggunakan alat ini yang cukup menghemat tenaga dan waktu.
    Caranya sangat mudah, campurkan semua bahan-bahan ke dalam mangkuk. Lalu aduk dengan mixer selama kurang lebih 3 menit hingga tekstur dalgona coffee foamy dan padat. Tekstur yang harus kamu cari adalah tekstur yang mirip whipped cream.
  2.  Menggunakan whisk
    Metode ini masih menggunakan mangkuk untuk mengocok kopinya. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk. Lalu campurkan dan aduk menggunakan whisk hingga konsistensi larutan kopi mengental. Cara mengocoknya seperti mengocok telur dadar atau whipped cream. Setelah konsistensi kopi sudah kental seperti busa, kamu bisa menaruhnya di dalam gelas yang sebelumnya sudah kamu isi dengan es batu dan susu cair.
  3. Menggunakan saringan
    Metode ini sangat sederhana karena hanya memanfaatkan saringan kecil dan piring atau mangkuk ceper. Langkah pertama, campurkan bahan-bahan ke dalam mangkuk ceper lalu aduk hingga rata. Kemudian aduk larutan tersebut dengan saringan. Aduk selama kurang lebih enam menit hingga larutan kopi mencapai konsistensi seperti whipped cream.

    Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee dan Hemat Alat

Penggunaan mangkuk ceper bertujuan untuk membuat adukan merata dan saringan bisa mencapai bagian dasar piring. Kopi pun siap disajikan di atas es batu dan susu cair di dalam gelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social profiles